Rabu, 25 Maret 2015

Pengertian Kepariwisataan Beserta Contohnya



Hallo guys ^^ Kali ini saya mendapatkan tugas dari Ibu Sri Azma Dilla pada tanggal 14 Maret 2014 untuk mencari pengertian kepariwisataaan beserta contohnya... Now, I will tell you about it ^^ 


   Definisi yang lebih lengkap, turisme adalah industri jasa. Mereka menangani jasa mulai dari transportasi, jasa keramahan, tempat tinggal, makanan, minuman, dan jasa bersangkutan lainnya seperti bank, asuransi, keamanan, dll. Dan juga menawarkan tempat istrihat, budaya, pelarian, petualangan, dan pengalaman baru dan berbeda lainnya. 
    Banyak negara, bergantung banyak dari industri pariwisata ini sebagai sumber pajak dan pendapatan untuk perusahaan yang menjual jasa kepada wisatawan. Oleh karena itu pengembangan industri pariwisata ini adalah salah satu strategi yang dipakai oleh Organisasi Non-Pemerintah untuk mempromosikan wilayah tertentu sebagai daerah wisata untuk meningkatkan perdagangan melalui penjualan barang dan jasa kepada orang non-lokal. Tidak dapat dipungkiri sejak dahulu Indonesia adalah salah satu destinasi dunia untuk berlibur. Kondisi alam dan geografi yang indah serta keramah-tamahan penduduknya menjadi salah satu ciri khas Indonesia sebagai destinasi dunia.
     Banyak turis asing yang datang ke Indonesia untuk sekedar berlibur di Indonesia. Tentu hal ini membuat pemasukan devisa negara bertambah. Oleh karena itu, diperlukan keaktifan pemerintah dalam mengolah dan menggali objek pariwisata yang ada di Indonesia. Bukan hanya dari keikutsertaan pemerintah, melainkan juga kesadaran masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga kearifan lokal dan lingkungan objek pariwisata.
   Sebelum membahas lanjut tentang pariwisata yang ada di Indonesia, ada baiknya kita mengetahui “Apa itu kepariwisataan?” siapa tahu nanti kita akan berkecimpung di dunia pariwisata ^^. Check this out~    




  • Pariwisata atau turisme adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau  liburan, dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini.  
  • Pengertian ilmiah
    Yang dimaksud dengan pengertian ilmiah di sini adalah pengertian yang dinyatakan dalam bentuk definisi, yang dapat memberikan jawaban atas pertanyaan “Apa sebenarnya kepariwisataan itu?”
    Dari sekian banyak definisi, dapat diambil kesimpulan bahwa di dalam pengertian ‘kepariwisataan’ terkandung adanya tiga fikiran dasar mengenai:   
  • Adanya ‘gerak’, : perpindahan manusia dari satu tempat ke tempat lainnya;
  • Adanya ‘jeda’,  : perhentian untuk sementara waktu (bukan untuk menetap), daripada orang-orang yang bergerak tersebut, di satu  atau beberapa tempat yang bukan tempat tinggalnya;
  • Persinggahan dan/atau kunjungan tersebut tidak untuk mencari nafkah.
  • Wisatawan atau turis adalah seseorang yang melakukan perjalanan paling tidak sejauh 80 km (50 mil) dari rumahnya dengan tujuan rekreasi, merupakan definisi oleh Organisasi Pariwisata Dunia.
 


  • Pengertian Kepariwisataan
      


      Prof. Hunziger dan Kraf (dalam Irawan, 2010:11) memberikan batasan pariwisata yang bersifat teknis, yaitu “… kepariwisataan adalah keseluruhan jaringan dan gejala-gejala yang berkaitan dengan tinggalnya orang asing di suatu tempat, dengan syarat bahwa mereka tidak tinggal ditempat itu untuk melakukan pekerjaan yang penting yang memberi keuntungan yang bersifat permanen maupun sementara”.





Contohnya : warga negara Amerika Serikat yang sedang berlibur ke Bali untuk melihat indahnya pantai kuta.

            
                  
          Ketetapan MPRS No. 1 Tahun 1960 (dalam Irawan, 2010:11) kepariwisatan dalam dunia modern pada hakekatnya adalah suatu cara untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam memberi liburan rohani dan jasmani setelah beberapa waktu bekerja serta mempunyai modal untuk melihat daerah lain (pariwisata dalam negri) atau negara lain (pariwisata luar negeri).


Contohnya : Setelah penat bekerja selama sebulan penuh, Rio memutuskan                               untuk liburan ke Paris pada akhir tahun untuk menyegarkan                                       pikiran akibat terlalu lelah bekerja.  . 



    Menurut Undang Undang No. 10/2009 tentang Kepariwisataan, yang dimaksud dengan pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata yang didukung oleh berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha, Pemerintah dan Pemerintah Daerah.


      
      Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
               
ke·pa·ri·wi·sa·ta·an (n) perihal atau yang berhubungan dengan pariwisata.


Menurut Kamus Oxford 

Tourism noun [U] UK /ˈtʊə.rɪ.zəm/ /ˈtɔː-/ US /ˈtʊr.ɪ-/ B1 the business activity connected with providing services such as transport, places to stay, or entertainment for people who are on holiday 

Terjemahan :   
Kegiatan usaha yang berkaitan dengan penyediaan  jasa seperti    transportasi, tempat tinggal atau hiburan untuk orang yang sedang berlibur.  






Contoh Kepariwisataan yang ada di Indonesia

  •  Pulau Komodo



 
     Pulau Komodo berada di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo bersama Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Motang dan banyak pulau-pulau kecil lainnya. Secara administratif, pulau ini berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, dan berbatasan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.
  Pulau Komodo tak hanya berisi binatang komodo, Selain komodo, ada banyak binatang lain yang menghuni pulau ini seperti kuda, rusa, berbagai spesies burung, ular, biawak dan masih banyak lagi. Salah satu cara untuk menikmati pulau ini adalah dengan melakukan trekking. Anda bisa melihat binatang-binatang tersebut saat trekking di Pulau Komodo.
  Ada empat jalur trekking yang bisa Anda pilih, mulai dari short, medium, long sampai adventure. Panjangnya jalur trekking ini adalah 1 – 8 km tergantung jenis yang Anda pilih. Jika memilih long dan adventure, Anda akan diajak melewati hutan, sungai dan perbukitan yang indah. Sedangkan untuk short, perjalanan akan berakhir di atas perbukitan dengan pemandangan teluk yang mengagumkan. Namun, keempat jalur trekking tersebut akan melewati Water Hole sehingga Anda tak perlu bingung memilih jalur yang mana.
   Pulau Komodo tak hanya menawarkan keindahan alam daratan saja. Alam bawah laut di pulau ini juga tak kalah indah. Ada sekitar 386 jenis terumbu karang, 70 jenis bunga karang, rumput laut sebagai rumah bagi ribuan jenis ikan, penyu hijau, paus, hiu, lumba-lumba dan lain-lain.




  • Gunung Bromo





     Mengapa Gunung Bromo dikagumi banyak kalangan sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Timur yang favorit? Di kalangan pencinta wisata gunung tujuan wisata ke Bromo adalah salah satu yang masuk dalam daftar kunjungan mereka. Jika Anda telah tiba di puncak Gunung Bromo, Anda akan menyaksikan kawah berdiameter 600 m, sebuah pemandangan yang menawan.
    Di Puncak Penanjakan, salah satu spot wisata yang ada di Gunung Bromo, Anda dapat menyaksikan terbenamnya matahari (sunset). Ini adalah panorama alam paling memikat yang akan Anda peroleh di tempat wisata alam Jawa Timur ini. Maka dari itu, Puncak Penanjakan banyak dikenal wisatawan sebagai tempat melihat sunset paling memikat di Gunung Bromo.Hamparan pasir yang begitu luas laksana gurun terlihat sungguh mengagumkan di Bromo.




  • Pantai Kuta










      Pantai Kuta dikenal  karena keindahan pantai pasir putih yang dimiliknya, panorama pada saat matahari tenggelam, ombaknya untuk atraksi surfing / selancar , keramah tamahan masyarakatnya, sehingga menambah daya pikat bagi wisatawan domestik maupun asing untuk terus datang ke kawasan ini. Kuta terletak di Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, tepatnya kawasan pesisir Selatan, sekitar 12 Km dari Denpasar. Pantai ini seperti ikonnya pariwisata Bali, bisa dikatakan menjadi pantai paling top di pulau ini dan menjadi destinasi pariwisata paling terfavorit .

     Jadi kalau berkunjung ke pulau yang juga bergelar Seribu Pura ini dan anda belum menikmati keindahan pantai Kuta sepertinya kurang pas, dan menjadi sebuah kewajiban untuk berkunjung ke sini selama liburan ke Bali. Tidak berlebihan memang Objek wisata Kuta salah satu tempat yang wajib dikunjungi, pantainya indah, menuguhkan pemandangan indah dan lebih sempurna lagi pada saat sunset, penunjang pariwisatanya lengkap seperti hotel, restaurant, klinik, bank, toko oleh-oleh, mall, pusat informasi wisata seperti layanan tour, , spa dan banyak lagi lainnya. Sehingga kebutuhan wisatawan bisa lengkap terpenuhi.
     Dengan ombak yang cukup besar sangat cocok sekali untuk berselancar bahkan bagi pemula sekalipun. Di pantai Kuta sudah disediakan papan selancar dari ukuran kecil sampai  besar dan bisa anda sewa, sehingga wisatawan terutama masih anak-anak, maupun dewasa bisa memilih keperluannya. Jika wisatawan berminat untuk belajar selancar, sudah tersedia disini, kegiatan surfing ini biasanya lebih digemari oleh wisatawan asing
     Sebagian besar yang datang ke sini adalah saat hari menjelang sore, semua wisatawan mau melihat sunset / matahari tenggelam. Objek wisata Kuta sendiri menjadi andalan sebagai penyumbang pendapatan tertinggi bagi Propinsi Bali, maka dari itu Kuta selalu mendapat perhatian khusus dari pemerintah aatupun dari pelaku pariwisata lainnya, fasilitas pendukung seperti hotel, restoran, café, diskotik, taman rekreasi, shopping mall, pasar seni dan banyak lagi tersedia di kawasan ini, sehingga semua kebutuhan wisatawan dengan mudah bisa terpenuhi di sini. Kuta telah menjadi Kota internasional dengan fasilitas pariwisata yang sangat lengkap.



  • Candi Borobudur









     Jika Anda menyukai seni sastra dan budaya, berada di Candi Borobudur tentunya akan menjadi pengalaman yang menarik sekali. Anda bisa membaca dan mengamati panel relief yang tergambar di dinding candi. Untuk dapat membaca cerita relief ini secara berurutan, Anda harus berjalan mengitari candi searah putaran jarum jam yaitu dari kiri ke kanan. Mulailah dari pintu timur di tingkatan terbawah dan berjalanlah memutar sampai kembali ke pintu awal kemudian naik tangga ke tingkatan berikutnya. Lakukan hal ini terus-menerus sampai ke tingkatan teratas untuk mendapatkan cerita yang berurutan dan utuh. Anda mengalami kesulitan membaca cerita di relief? Tak perlu bingung karena ada jasa pemandu yang siap membantu Anda.





  •  Monas








     Untuk mengunjungi Monas, ada banyak jenis transportasi yang dapat Anda gunakan. Jika Anda pengguna kereta api, Anda dapat menggunakan KRL Jabodetabek jenis express yang berhenti di Stasiun Gambir. Anda pun dapat menggunakan fasilitas transportasi Bus Trans Jakarta. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, tersedia lapangan parkir khusus IRTI, atau Anda dapat memarkir kendaraan Anda di Stasiun Gambir.

     Untuk dapat masuk ke bangunan Monas, Anda dapat melalui pintu masuk di sekitar patung Pangeran Diponegoro. Lalu Anda akan melalui lorong bawah tanah untuk masuk ke Monas. Anda pun dapat melalui pintu masuk di pelataran Monas bagian utara. Jam buka Monas adalah jam 9.00 pagi hingga jam 16.00 sore.
Monas dapat menjadi salah satu pilihan Anda untuk berwisata bersama keluarga dan tempat mendidik anak-anak untuk lebih mengenal sejarah Indonesia. Anda pun dapat menikmati udara segar dari rindangnya pepohonan di Monas. Dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan Taman Monas agar tetap indah untuk dinikmati siapapun.



  • Candi Prambanan






     Sama seperti Candi Borobudur, di tempat wisata ini juga terdapat relief bercerita. Cara membaca relief ini pun sama, Anda harus masuk dari pintu sebelah timur kemudian berjalan mengitari Candi Trimurti searah putaran jarum jam. Relief di bagian dalam pagar ini memiliki dua kisah yaitu mengenai Ramayana dan Krishnayana.

   Tak perlu bingung jika kesulitan membaca relief tersebut. Anda bisa menggunakan jasa pemandu di kompleks Candi Prambanan. Anda juga dapat pergi ke museum yang berada di bagian utara kompleks candi untuk mendapatkan informasi seputar tempat wisata ini. Menariknya, untuk masuk ke museum ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi karena sudah termasuk dalam harga tiket masuk kompleks tempat wisata.
    Anda bisa berkeliling tempat wisata seluas 39,8 hektar ini dengan berjalan kaki. Pelataran kompleks ini ditanami banyak tumbuhan sehingga tampak seperti taman yang luas. Berjalan sambil mengamati ukiran pada setiap candi tentu akan membuat Anda lebih kagum pada hasil karya besar ini. Ukiran di candi-candi ini tampak mustahil dikerjakan oleh manusia pada saat teknologi belum berkembang di zaman dahulu.Jika ingin menikmati Candi Prambanan dengan cara yang berbeda, datanglah pada malam purnama setiap bulannya pada pukul 20.00 – 22.00. Pada saat itu, digelar pertunjukan sendratari Ramayana di panggung terbuka trimurti dengan latar ketiga candi dewa yang disoroti lampu. Pertunjukan di panggung terbuka ini hanya dilakukan pada saat musim kemarau, sedangkan pada musim hujan, lokasi pertunjukan dipindahkan ke panggung tertutup.












Sumber :







                                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar